
UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) saat ini memang sedang menjadi fokus pemerintah karena memiliki potensi besar khususnya dalam laju perekonomian masyarakat. Tak hanya sekadar menyalurkan ide-ide kreatif, tetapi juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Lalu, apa saja kiat UMKM sukses di era digital ini?
Seperti yang kita tahu, bahwa perkembangan bisnis UMKM di Indonesia sangat pesat. Namun jumlah UMKM yang banyak di Indonesia ternyata juga menimbulkan beberapa tantangan bagi para pelaku pelaku bisnis tersebut karena sebagian ada yang gagal atau gulung tikar. Demi menghindari hal tersebut, simak yuk beberapa kiat UMKM sukses di era digital ini.
1. Penting untuk memahami kebutuhan pasar
Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk bisa sukses di era digitalisasi, adalah mengetahui kebutuhan pasar. Penting untuk memperhatikan produk apa yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat. Poin penting ini akan sangat membantu UMKM milikmu sukses karena memiliki produk yang sesuai dengan permintaan pasar.
2. Pelajari tentang produk kompetitor
Selain harus fokus pada usaha sendiri, kamu juga harus bisa mengamati hingga mempelajari produk yang ditawarkan oleh pesaing. Kamu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk yang dijual oleh kompetitor. Hal tersebut perlu dilakukan agar bisa meningkatkan kualitas yang dimiliki oleh usahamu, apa saja yang sekiranya perlu diubah atau ditambahkan.
3. Pastikan memiliki kualitas yang baik
Tak hanya sekadar barang yang dibutuhkan oleh pasaran, kualitas produk yang dijual pun juga harus baik. Kualitas produk ataupun jasa yang kamu jual tentu harus memiliki mutu dan kualitas baik, ini tentu menjadi standar utama ketika menjalankan UMKM. Ketika memiliki produk yang baik, tentu pelanggan akan siap membayar dengan harga lebih tinggi dari toko lainnya. Ingat juga soal pelayanan yah!
Sumber : (https://www.youtap.id/blog/9-kiat-umkm-sukses-di-era-digital)